Our social:

Kamis, 17 Maret 2016

Jokowi Geleng-geleng Lihat Proyek Hambalang yang Dipenuhi Lalang

Cita-cita pemerintah untuk membangun Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bogor, mangkrak setelah diketahui ternyata proyek senilai Rp 2,5 triliun itu dikorupsi ramai-ramai.

Presiden Joko Widodo yang tiba-tiba sidak ke lokasi proyek di Desa Hambalang, Bogor, Jumat (18/3/2016), hanya geleng-geleng melihat kondisi proyek yang tak terawat itu setelah lima tahun lalu pembangunannya terhenti.

Mengenakan kemeja putih, Jokowi begitu datang langsung melihat bangunan terdekat dari beberapa bangunan yang ada, yaitu gedung berlantai 4 yang prosesnya baru sekitar 30 persen.

Jokowi yang ditemani Menpora Imam Nahrawi, Menteri PU Basuki Hadimuljono, dan Jubir Presiden Johan Budi, tak segan-segan langsung turun mendekat ke gedung.

Ia lalu menaiki tangga yang langsung menghubungkan ke lantai 3 bangunan. Kondisi tangga itu dipadati rumput-rumput liar. Di lantai 3 gedung itu, Jokowi berkeliling daan terlihat serius berbicara dengan Menpora dan menteri PU.

Di samping kiri kanan Jokowi tampak terlihat baja-baja pondasi gedung yang teronggok di beberapa lantai. Begitu juga kayu-kayu yang sudah lapuk dan beberapa ada pakunya tergeletak begitu saja di lantai. Jika tidak awas, paku itu bisa mengenai kaki.

Setelah dari gedung berlantai 4 itu, Jokowi berjalan kaki agak menurun meninjau gedung lainnya. Kali ini gedung 5 lantai yang untuk masuknya harus lewati ilalang. Jokowi dengan santai melewati ilalang itu dan masuk ke dalam gedung.

Untuk diketahui, ilalang itu bisa mencapai 2-3 meter yang mengelilingi hampir semua kawasan proyek Hambalang yang punya beberapa gedung dan masjid ini.

Di gedung kedua yang ditinjau Jokowi, kondisinya sama juga sudah lapuk. Besi-besi tampak berkarat, bata-bata dinding sebagian dbiarkan 'telanjang' tak tuntas dibangun.
Perabotan gedung yang mulai rusak

Tak sampai situ, Jokowi penasaran untuk meninjau satu lagi gedung yang sedikit lebih progresif pembangunannya. Di gedung ini ada perabotan seperti AC, kasur, lemari untuk mengisi gedung jika sudah dibangun.

Namun sejak lima tahun lalu barang-barang itu dibiarkan ditumpuk di kamar-kamar gedung itu. Beberapa kondisinya sudah rusak seperti AC, meski masih terbungkus.

Lalu apa respons awal Jokowi setelah meninjau proyek Hambalang? Jokowi geleng-geleng. Saat ditanya lagi apa maksudnya, Jokowi kembali hanya geleng-geleng./sumber

0 komentar:

Posting Komentar